Thursday, January 26, 2012

Kegiatan Praktik PLH

Salah satu mata pelajaran mulok (muatan lokal) di SMP Darush Sholihin adalah PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup). Dalam silabus mata pelajaran PLH yang dikembangkan oleh MGMP PLH Kota Batu, terdapat materi tentang pengelolaan sampah. Materi ini dipelajari di kelas 8 semester 2. Dalam modul PLH yang disusun oleh tim pengembang PLH Kota Batu disebutkan bahwa salah satu cara pengelolaan sampah adalah dengan prinsip 3 R, yaitu Reduce, Reuse, & Recycle.

Reduce adalah mengurangi sampah. Reduce bisa dilakukan dengan mengurangi kegiatan produksi atau konsumsi yang menghasilkan sampah. Salah satu contohnya adalah menghindari membeli dan membuat produk dengan kemasan berlebihan.

Reuse adalah kegiatan penggunaan kembali sampah yang masih dapat digunakan baik untuk fungsi yang sama maupun untuk fungsi lain. Misalnya menggunakan botol bekas minuman menjadi tempat minyak goreng, memberikan barang yang tak terpakai kepada orang yang membutuhkan, dan lain-lain.
Recycle (daur ulang) adalah upaya membuat produk baru dari barang atau bahan yang sudah pernah dipakai. Contohnya sampah kertas yang diolah menjadi kertas daur ulang, sampah organic didaur ulang menjadi kompos, dan lain-lain.
Untuk lebih mengasah pengetahuan siswa tentang prinsip 3R, terutama recycle, pengajar PLH di SMP Darush Sholihin menerapkan pembelajaran berupa praktik daur ulang. Praktik daur ulang sampah dilaksanakan dengan dua tahap. Tahap pertama adalah praktik daur ulang dengan bahan dan tema yang sudah ditentukan oleh pengajar, sedangkan tahap kedua adalah praktik daur ulang sampah dengan bahan dan tema bebas sesuai dengan minat siswa.
Pada tahap pertama, bahan yang harus didaur ulang oleh siswa adalah sampah botol plastik atau gelas plastik bekas minuman. Dan tema dari praktik daur ulang adalah membuat berbagai kreasi bunga dari bahan yang didaur ulang.



No comments:

Post a Comment