Monday, April 23, 2012

Ujian Nasional dan Sekolah

Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia.
Ujian Nasional merupakan kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah. Ujian sekolah/ madrasah adalah kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar yang diselenggarakan oleh sekolah / madrasah.

Sebelum pelaksanaan Ujian Nasioanl sekolah telah menyelenggarakan Ujian Sekolah dan Ujian Praktek.
Semua peserta didik diharuskan tuntas dalam semua mata pelajaran baik teori maupun praktek karena kelulusan peserta didik diambil dari 40% nilai Ujian sekolah/ madrasah sedangkan 60% dari nilai Ujian Nasional.Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata minimal 5,5 dan nilai setiap mata pelajran paling rendah 4,0.sedangkan kelulusan Ujian sekolah didasarkan pada rata-rata nilai rapot semester 1,2,3,4 dan 5 dengan pembobotan 60% untuk nilai US dan 40% nilai rata-rata rapot.

Dari tahun ke tahun pemerintah senantiasa berusaha meningkatkan mutu pendidikan, dan hal itupun disambut hangat oleh lembaga-lembaga pendidikan dari tingkat dasar maupun menengah.
Di sekolah kita misalnya, perjuangan yang dilakukan oleh guru ( Sebagai tenaga pendidik ) untuk mendidik anak-anak supaya berkepribadian yang santun dan juga unggul dalam prestasi.
Prestasi merupakan harapan semua pihak baik sekolah, guru dan juga orang tua akan tetapi tanpa dibarengi dengan ahlak, tatakrama, sopan santun semua terasa hambar. Pinter dalam pelajaran tetapi tidak berahlak, Na'udzubillah. Untuk menyikapi hal tersebut, guru lah yang menjadi panutan anak didik ketika di sekolah tentunya. Selain itu lingkungan juga berpengaruh besar terhadap kepribadian anak didik, keluarga, saudara dan juga teman.
Terkait dengan suksesnya UN, berbagai cara dilakukan oleh masing-masing Sekolah / Madrasah mulai dari belajar bersama, memberikan jam pelajaran tambahan ( Les ) dan banyak metode yang lain. Tidak terlepas dari itu semua kita juga berdo'a memohon kepada Allah SWT mudah-mudahan anak-anak kita nanti diberi kemudahan dalam mengerjakan ujian dan mendapatkan hasil yang baik.
Ujian Nasional tidak hanya kepentingan negara/ pemerintah tapi kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

No comments:

Post a Comment